Membuat Kreasi Kain Flanel yang Unik dan Kreatif

Image

Aneka kreasi menarik seperti dompet, gantungan kunci hingga boneka mungil dapat dibuat dengan bahan baku kain flanel atau kain felt. Tentunya bagi seorang yang suka dengan yang berbau handmade, berkreasi dengan kain flanel merupakan sesuatu yang sangat menyenangkan. Tidak hanya itu, dengan kreasi kain flanel yang anda bikin bisa juga berkembang menjadi bisnis yang menguntungkan. Nah, Buat  yang ingin mencoba kreasi dari kain flanel, berikut kami berikan petunjuk dasarnya. :)

Yang pertama, mari dipersiapkan peralatan dan bahan bahan yang digunakan seperti: Kain Flanel aneka warna, benang sulam & benang jahit, jarum, gunting, manik-manik hitam, ritsleting, tali, dan lem serbaguna, gantungan kunci, peniti bros, cepit rambut dan jika perlu buku berkreasi kain flanel juga bisa sebagai refernsi.

Kain flanel bisa diperoleh di toko alat jahit, tetapi bagi anda yang kesulitan mendapatkan bahan baku kain flanelnya, anda bisa order melalui sms atau via email.

Yang kedua, setelah persiapan alat dan bahan selesai, maka selanjutnya adalah membuat pola yang diinginkan melalui kertas karton, gunting lalu pindahkanlah pola tersebut pada kain flanel dengan menggunakan pensil/pulpen gel (untuk kain flanel berwarna cerah) atau kapur jahit (untuk kain flanel berwarna gelap).

Yang ketiga, setelah pemotongan pola selesain mari gunakan Kain flanel yang bersih dan tidak memiliki bekas lipatan. Untuk merapikan yang memiliki bekas lipatan, anda bisa menyeterikanya dengan hati-hati dan suhu seterika jangan terlalu panas.Untuk memudahkan menjahit risleting, jelujurlah terlebih dahulu atau dengan diberi sedikit lem.

Yang keempat, mari dijahit kain yang sudah dipotong dengan menggunakan benang sulam dan warnanya disesuaikan dengan warna kainnya.

Ada beberapa jenis teknik tusuk jahit dan tusuk hias, diantaranya tusuk feston, tikam jejak, jeruji dan tusuk pipih. Yang paling sering digunakan adalah tusuk feston karena selain memperindah bentuk kreasi yang dihasilkan, tusuk feston ini berguna untuk merapikan pinggiran, menggabungkan 2 lembar kain yang memiliki bentuk dan ukuran yang sama, serta untuk menjahit ritsleting pada kain.

Setelah kreasi selesai, rapikanlah serat-serat pada pinggir jahitan dengan menggunakan gunting. Bentuk desain dapat Anda ciptakan sendiri atau dengan melihat referensi dari buku-buku kreasi kain flanel, majalah, internet dan lain-lain. Ada banyak buku tentang aneka Kerajinan Kain flanel yang bisa Anda dapatkan di toko-toko buku, diantaranya buku karangan Emi Risna Imawati, Eka Yunita, Dwi Retguntari dan Yulina Setianingsih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s